Ingin Kurangi Risiko Diabetes?
Puasalah Sekali Sepekan!


Ini adalah penelitian di Inggris yang didalami oleh ahli genetik, Frances Ashcroft.

Puasa rutin satu hari dalam sepekan ternyata dapat membuat seseorang hidup lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih panjang umur. Ini adalah penelitian di Inggris yang didalami oleh ahli genetik, Frances Ashcroft.

Data menunjukkan 336 juta orang di dunia terkena diabetes tipe 2. Penyakit ini meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, kebutaan, hingga gagal ginjal. Setiap tujuh detik, satu orang meninggal dunia karena diabetes. 

"Penduduk di negara maju khususnya, sebaiknya berpuasa sehari dalam sepekan," kata Ashcroft dikutip dari BBC, Jumat (8/11).

Di Inggris, orang menghabiskan satu juta poundsterling hanya untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2. Seseorang hendaknya menjaga berat badannya secara masuk akal. Caranya, makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak.

Sayangnya, kata Ashcroft, kebanyakan orang tak bisa menghitung kalori dan porsi makanan yang tepat untuk tubuhnya. "Puasa adalah cara murah untuk menetralkannya," katanya. 

Puasa juga menjadi tradisi panjang dan turun temurun dalam banyak kebudayaan masyarakat di berbagai negara, khususnya negara Islam.

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/11/09/md7263-ingin-kurangi-risiko-diabetes-puasalah-sekali-sepekan