Atasi Mallorca 4 - 2, Dua Gol Messi
Lewati Rekor Gol Pele



Barcelona meneruskan laju bagusnya di La Liga. Di pekan ke-11, El Barca meraup tiga poin setelah mengalahkan tuan rumah, Mallorca dengan skor akhir 4-2. Lionel Messi menyumbang dua gol di laga ini.

Hasil ini semakin memantapkan posisi tim besutan Tito Vilanova di puncak klasemen dengan perolehan 31 poin, unggul 11 poin dari seteru abadinya Real Madrid, yang baru akan bermain beberapa jam lagi.

Sementara bagi Mallorca, kekalahan ini membuat posisi mereka turun ke peringkat 15 denga koleksi 11 poin.

Bertanding di San Moix, Senin (12/11/2012) dinihari WIB, Barca langsung unggul jauh lewat gol-gol dari Xavi, Messi dan Cristian Tello yang menutup babak I. 

Pasca restart, Mallorca menghidupkan asa dengan mencetak dua gol melalui Michael Perreira dan penalti Victor. Namun, setelahnya Messi kembali membuat gol sekaligus memastikan kemenangan Barca.


Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan relatif datar di awal. Selama sekitar 20 menit belum ada peluang berarti yang tercipta.

Peluang bagus pertama akhirnya hadir di menit ke-22 yang diciptakan Mallorca. Bola yang dihalau Gerard Pique masuk ke kotak Barca dan Victor Valdes melakukan penyelamatan gemilang dengan tangan kiri untuk mematahkan sundulan Jose Luis Marti.

Gol! Barca memimpin 1-0 di menit 28. Berawal dari pelanggaran Marti, Barca memperoleh tendangan bebas. Eksekusi Xavi dari luar kotak berhasil menyarangkan bola ke sudut kiri bawah gawang Mallorca.

Villa! Lima menit kemudian, David Villa membuang sebuah peluang emas untuk menciptakan gol kedua Barca usai menerima operan bagus dari Cristian Tello. Sayang sekali.

Dua menit menjelang babak pertama ditutup. Barca mampu menciptakan dua gol untuk memimpin 3-0.

Di menit 44, Messi melakukan tendangan dari luar kotak. Kiper Dudu Aouate gagal menangkap bola dan tembakan bomber Barca itu masuk.

Semenit berselang giliran Tello yang muncul di papan skor. Menusuk dari sisi kanan, pemain muda Barca ini melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh. 

Gol! Mallorca memperkecil skor di menit 55. Dari sisi kanan pertahanan Barca, Victor melepas umpan silang. Michael Perreira tidak terkawal di dalam kotak dan dengan mudah menceploskan bola. Mallorca 1, Barca 3.

Penalti buat Mallorca akibat handball Sergio Busquets. Victor maju sebagai algojo, mengarahkan tendangannya ke tengah gawang dan gol. Mallorca kembali menipiskan jarak dari Barca 2-3 di menit ke-58.

Barcelona kembali menjauhkan diri dari Mallorca. Di menit ke-70, Messi mencetak gol keduanya untuk menambah keunggulan timnya menjadi 4-2 setelah menerima operan dari pemain pengganti Alexis Sanchez.

Dua menit menjelang waktu normal pertandingan habis, Messi nyaris menciptakan hat-trick. Sanchez memaksa Aouate ke pinggir gawang, bola dioperkan ke Messi dan saat berhadapan dengang gawang yang kosong tembakannya melambung tipis.

Susunan Pemain
MALLORCA: Aouate, Ximo Navarro (Fernandez 82), Geromel, Conceicao, Bigas, Marti (Fontas 73), N'Sue, Pina, Pereira, Victor, Hemed (Alfaro 46)

BARCELONA: Valdes, Pique, Alves, Mascherano (Bartra 84) Jordi Alba (Montoya 87), Busquets, Fabregas, Xavi, Villa (Sanchez 66), Messi, Tello

Messi Lewati Rekor Gol Pele

Bomber Barcelona Lionel Messi masih belum puas memecahkan rekor. Sepasang golnya ke gawang Mallorca, membuat Messi melewati rekor jumlah gol yang dibuat legenda sepakbola Brasil, Pele dalam setahun.

Gol-gol tersebut diukir pesepakbola Argentina itu untuk membawa Barcelona meraih kemenangan atas Mallorca 4-2 dalam laga lanjutan La Liga di San Moix, Senin (12/11/2012) dinihari WIB.

Menurut statistik Infostrada, Messi kini telah mengemas 76 gol dalam 59 penampilannya di 2012. Torehan itu memastikan dia telah melewati pencapaian Pele yang membuat 75 gol di tahun 1958.

Situs resmi Barcelona menyebutkan dari jumlah itu sebanyak 64 gol dibuat dalam 51 laganya untuk klub dan 12 lainnya diciptakan dalam delapan kali berlaga bersama timnas Argentina. 

Sementara itu, total 75 gol Pepe diciptakan dalam 53 penampilan. Rinciannya sebanyak 66 gol disumbangkan buat klubnya, Santos dan 9 gol untuk Brasil.

Kini, Messi tinggal memburu rekor gol terbanyak dalam setahun yang masih dipegang oleh Gerd Mueller. Legenda sepakbola Jerman itu mencetak 85 gol hanya dalam 60 pertandingan pada 1972.

Pemain berusia 25 tahun itu memiliki total 13 pertandingan sisa (11 bersama Barcelona dan dua dengan Argentina) di tahun ini dalam upaya melampaui rekor Mueller.

http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/11/12/032221/2088727/75/messi-lewati-rekor-gol-pele?991104topnews