Bawang Bombay Mentah Baik untuk Jantung


Melahap bawang bombay mentah-mentah bisa membuat mulut dan ketiak Anda bau. Namun, jika Anda tahu manfaat kesehatan dari bawang bombay yang dimakan mentah, Anda bisa jadi akan menghiraukan bau yang ditimbulkan.

Ya, banyak manfaat bawang bombay bagi kesehatan Anda. Tapi, bawang bombay mentahlah yang paling menguntungkan ketika Anda menghadapi masalah kesehatan dan kulit.

Seperti dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang paling penting dari bawang bombay jika Anda mengkonsumsinya mentah-mentah:

1. Melawan kanker
Bawang bombay mengandung quercitin, antioksidan yang bisa melawan kanker. Selain itu, senyawa tersebut juga merupakan anti inflamasi, antibiotik dan pencegah alergi bagi tubuh.

2. Baik untuk jantung
Bawang membantu penipisan darah dan menghindari pembekuan darah. Hal ini mengurangi kadar kolesterol jahat yang berasal dari lemak tak jenuh. Bawang bombay menguntungkan Anda dengan meningkatkan jumlah kolesterol baik.

3. Obat asma
Pengobatan tradisional China sering menggunakan bawang bombay mentah untuk meredakan asma. Bawang ini mencegah formasi senyawa kimia penyebab otot cabang tenggorokan kejang. Pada dasarnya, kejang itulah yang memicu penyakit asma seseorang.

4. Detoksifikasi tubuh
Bawang bombay kaya akan sulfur. Sehingga detoksifikasi pun masuk ke dalam salah satu manfaat kesehatan makan bawang bombay mentah. Di dalam sulfur tersebut, ada asam amino bernama amethionine dan cystine. Tugas kedua asam amino itu menyingkirkan racun seperti merkuri dalam tubuh. Bawang bombay juga mengandung vitamin C yang bersifat mendetoksifikasi sistem tubuh Anda.

5. Cegah diabetes
Segelas jus bawang bombay mentah terbukti menurunkan kadar gula dalam darah. Banyak dokter percaya hal ini bekerja lebih baik mengendalikan gula darah daripada obat-oabatan.

jaringnews.com